Tempuh Sulawesi – Kaltara Menggunakan Motor Demi MTQ , Ini Kisah Perjuangan Peserta Selama MTQ

Ancaman pandemi covid-19 tak mematahkan semangat Nining untuk ikut serta di MTQ V Provinsi Kaltara tahun 2020.
Demi mengharumkan nama Kafilah Kabupaten Bulungan, pada Jumat malam, 11 September 2020, peserta MKQ Golongan Dekorasi Putri itu, rela jauh-jauh dari kampung halamannya di Kec. Taopa Sulteng, hanya mengendarai sepeda motor. “Asyik dan menantang,” simpulnya singkat….

Saat penyeberangan laut menggunakan kapal ferry KM. Tuna, wanita berKTP Kec. Bunyu itu, tak lantas memilih tempat tidur yang tersedia di kapal bertujuan Pelabuhan Kariangau-Balikpapan. Ia lebih memilih mendirikan tenda yang sengaja dibawanya, di bagian palka kapal tersebut. ” Lebih aman dari jarak dan kontak dengan penumpang,” ujarnya.

Tak hanya itu, dari kampungnya yang terletak 365 km arah utara Kota Palu, ibukota Sulawesi Tengah, ia siapkan bekal makanan selama dalam perjalanan. “Saya bawa buras,” ucapnya singkat.
Dari pelabuhan Balikpapan, bersama suami dan anaknya yang berusia 4 tahun. Mereka memulai perjalanan darat menembus rimba Kalimantan Timur sejauh 716 KM. Malam harinya ia tidak melanjutkan perjalanan. “Kami istirahat tidur malam di Muara Wahau,” tuturnya.

Keesokkan harinya usai, mereka melanjutkn perjalanan menyusuri deretan perkebunn kelapa sawit milik PT Dharma Satya Nusantara Tbk.
Beberapa hambatan kerap dijumpai, semisal hujan dan kabut, rantai motor putus sesaat sebelum tiba di Kec. Muara Wahau. Serta bocor ban 12 km sebelum memasuki Kecamatan Kelay. “Waktu bocor ban, saya bersama anak menumpang di gasibu. Ayahhya ke Kelay ganti ban,” terangnya sambil mengatur napas lelahnya.

Beruntung, setelah masalah kecil itu, tak ada lagi hambatan.
Tepat sebelum adzan magrib bersahutan dari pengeras suara masjid, akhirnya perjuangan itu usai dan terbayarkan begitu tiba di Tanjung Selor Kab. Bulungan Kalimantan Utara untuk bergabung bersama peserta lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!