SARASEHAN BERSAMA ALUMNI PESERTA MTQ KUMPULKAN SEMANGAT KECINTAAN TERHADAP AL-QUR’AN

Tanjung Selor. Dalam rangka mengaktifkan kembali pembinaan Qori’-Qori’ah secara kontinyu. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulungan selaku unsur Ketua LPTQ Kabupaten Bulungan menginisiasi pertemuan bersama alumni peserta MTQ di Kabupaten Bulungan. Hadir dalam forum tersebut sekretaris umum LPTQ Kabupaten Bulungan dan pengurus LPTQ serta alumni peserta yang pernah mengikuti MTQ di Kabupaten Bulungan.

Pertemuan ini bertujuan merevitalisasi kembali semangat Qur’ani di Kabupaten Bulungan. Diharapkan dengan sarasehan ini dapat meningkatkan koordinasi serta peran mereka yang pernah mengikuti perlombaan MTQ di Kabupaten Bulungan. Dengan begitu diharapkan pembinaan Al-Qur’an atau forum-forum yang mengumpulkan para qori’-qori’ah dapat diaktifkan kembali.

Pembinaan para qori-qori’ah yang berkelanjutan penting sebab mempunyai nilai yang sangat strategis dalam peningkatan pemahaman, penghayatan dan kecintaan terhadap Al Qur’an serta mencetak generasi Qurani yang modern, cerdas dan berakhlak mulia. Di sisi lain, adanya wadah pembinaan ini tidak hanya bagi mereka yang baru belajar atau yang ingin meningkatkan pemahamanannya dalam tilawatil Qur’an. Namun juga terbuka bagi para alumni yang seyogianya tetap mempertahankan dan bahkan meningkatkan minat tilawah Al-Qur’an. “Kita inginkan kader dewan hakim yang memiliki kualitas yang baik, untuk itu perlu adanya pertemuan ini untuk membahas solusi peningkatan pembinaan Al-Qur’an secara berkelanjutan” terang Hamzah dalam forum tersebut.

Ada beberapa poin pembahasan dalam sarasehan tersebut, di antaranya menghidupkan kembali forum/perkumpulan qori-qori’ah seperti IPQAH (Ikatan Persaudaraan Qori-Qori’ah dan Hafidz-hafidzah) dan Jami’atul Qurraa Walhufadz di Kabupaten Bulungan yang dianggap stagnan dan kurang aktif serta kaderisasi dan peningkatan kualitas dewan hakim MTQ Kabupaten Bulungan. Dengan demikian, adanya keaktifkan alumni diharapkan menjadi tonggak dalam menghidupkan kembali pembinaan bagi generasi qur’ani yang ada di Kabupaten Bulungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!